Inilah Suasana Lebaran di Yogyakarta

Inilah Suasana Lebaran di Yogyakarta

Momen lebaran memang sangat dinanti-nantikan. Selain dapat bersilaturahmi dengan keluarga, ini juga adalah waktu yang tepat untuk rehat sejenak dari beragam kesibukan kita. Homiers yang merantau di kota atau negara lain tentu juga sudah mempersiapkan rencana jauh-jauh hari bukan?

Beberapa orang memilih untuk pulang ke kampung halaman, berkumpul bersama dengan sanak keluarga. Beberapa yang lain memilih untuk stay di tempat di mana mereka berada, mungkin karena lokasi kampung halaman jauh atau waktu yang terbatas.

suasana lebaran di yogyakarta

Nah, buat Homiers yang tidak merayakan hari raya pun mengambil kesempatan libur lebaran ini untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga ataupun dengan teman untuk liburan. Dan salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi adalah Yogyakarta, jadi selama libur lebaran kemarin Jogja tidak pernah sepi ya Homiers. Walaupun ada beberapa pendatang yang tinggal di Jogja memilih untuk pulang ke kampung halaman, namun ada juga beberapa yang milih Jogja sebagai tempat menghabiskan waktu libur lebaran bersama dengan keluarga ataupun dengan teman-teman mereka.

suasana lebaran di yogyakarta

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memang terkenal dengan pesona pariwisatanya. Banyak sekali pengunjung dari beragam wilayah yang memadati daerah ini, baik wisatawan domestic ataupun mancanegara.

Hal ini jugalah alasan bagi pemerintah untuk memberikan beragam event untuk meramaikan momen lebaran di tahun 2019. Banyak sekali event yang diadakan di Yogyakarta, salah satunya adalah Gebyar Seni Mbeteng Minggir yang diadakan mulai tanggal 18-30 Juni 2019 di kawasan Pemakaman Benteng Minggir, Sleman.

Buat Homiers yang memiliki kecintaan terhadap kesenian daerah khas Indonesia, bisa juga datang ke Pameran Seni Rupa, Sirkuit: Ahli Waris Etape Satu. Homiers bisa datang dan menikmati pameran di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja ini hingga tanggal 30 Juni 2019.

Atau Homiers juga bisa datang ke Pentas Kesenian Bandara Internasional Adi Sutjipto. Di sini, Homiers dapat menikmati beragam pementasan tarian serta juga alat music tradisional Yogyakarta. Bisa berlibur, silaturahmi, sekaligus menikmati budaya kita ya Homiers.

Dan masih banyak lagi kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Yogyakarta dalam rangka libur lebaran. Diantaranya adalah Pentas Seni Kesenian Stasiun Tugu, Grebeg Syawal, Pasar Lebaran Sleman, Grebeg Syawal, Temu Kangen Jogja, serta juga menikmati Lebaran di Banyunibo.

Dan gak hanya berhenti disitu saja ya Homiers kegiatan yang diadakan selama libur lebaran, setelah aneka kegiatan dalam rangka Hari Raya Idul Fitri selesai, rupanya pada bulan Juli masih akan ada satu lagi event yang tidak boleh Homiers lewatkan. Wisata satu lagi adalah Festival Light di Gardu Pandang Kaliurang yang akan diadakan pada 9-11 Juli 2019.

 

Tips Wisata

suasana lebaran di yogyakarta

Sebagai salah satu destinasi liburan, tidak heran kalau kawasan Jogjakarta tetap ramai dipadati pengunjung. Beberapa titik di Daerah Istimewa Yogyakarta juga tetap rawan dengan macet lho.

Lebih lagi karena Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa wilayah ‘kampung halaman’. Banyak orang yang mudik ke Provinsi ini. Nah, berikut ini ada tips buat Homiers yang masih ataupun akan pergi liburan ke Jogja selama Libur lebaran.

Yuk simak!

 

  1. Jangan lupakan akomodasi

Homiers jangan lupa untuk segera booking penginapan selama Homiers berlibur ya. Di Jogja memang tersedia beragam penginapan, baik resort, hotel, losmen, ataupun guest house. Harganya pun bervariasi. Jangan membiasakan diri untuk dadakan booking penginapan di waktu liburan seperti ini ya Homiers. Bisa jadi tempat penginapan murah sudah banyak yang penuh. Dan buat Homiers yang ingin berlibur ke Jogja dengan rombongan keluarga disarankan untuk menginap di Simply Homy Guest House. Simply Homy Guest House kini sudah tersedia 23 Unit yang tersebar di seluruh Jogja, yang pastinya lokasinya sangat strategis dan akan membantu Homiers untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Jogja.

 

  1. Siapkan transportasi

Kawasan Jogja akan sangat penuh dengan transportasi bila semua wisatawan membawa mobil pribadi. Salah satu opsi untuk mengurangi kemacetan adalah dengan berjalan kaki. Kawasan Jogja ini sangat representative bagi wisatawan untuk menikmati udara segar sambil berjalan kaki. Kalau Homiers ingin bepergian ke tempat yang cukup jauh, Homiers juga bisa mengambil pilihan naik transportasi umum. Homiers bisa sekaligus memperkenalkan kendaraan tradisional seperti andong kepada anak-anak. Atau memilih menggunakan bus trans Jogja yang murah meriah.

 

  1. Rencanakan destinasi wisata

Tujuan liburan di Yogyakarta bukan hanya satu dua, tapi puluhan. Hampir di setiap sudut terdapat event serta lokasi menarik untuk dikunjungi. Jadi, rencanakan liburan Homiers dengan bijak. Pakailah kesempatan ini bukan hanya sekedar untuk berlibur, tetapi yang lebih penting adalah untuk menjalin relasi dan mempererat hubungan dengan anggota keluarga yang lain. Homiers juga disarankan memilih beberapa alternative wisata yang mungkin tidak akan penuh sesak dengan pengunjung. Sayang bukan jika waktu berharga Homiers dengan keluarga terganggu karena berdesakan dengan wisatawan lain?

 

  1. Utamakan kenyamanan

Homiers, yang paling utama dari berlibur di masa lebaran adalah kenyamanan seluruh anggota keluarga. Bicarakan dengan seluruh keluarga tentang rencana liburan. Tanyakan keinginan mereka, tempat mana saja yang ingin dituju.

Nah, itu tadi beberapa tips buat Homiers yang ingin berwisata ke Jogja selama libur lebaran berlangsung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Homiers serta keluarga. Dan jangan lupa, untuk tetap menjaga kesehatan selama menikmati momen libur lebaran kali ini ya Homiers.

Salam Hangat Simply Homy

“Anda Tuan Rumahnya”

 

 

Sumber : jejakpiknik.com

Share
Share