Inilah 5 Rekomendasi Wisata di Kota Solo yang Asyik & Hits

Inilah 5 Rekomendasi Wisata di Kota Solo yang Asyik & Hits

Wisata di Kota Solo

 

Wisata di Kota Solo menjadi rekomendasi pilihan bagi homiers yang sedang liburan di daerah Solo. Kota Solo sendiri memiliki potensi wisata yang memiliki daya tarik bagi wisatawan. Solo juga merupakan salah satu Kota yang berada di Jawa Tengah yang dikenal sebagai Kota budaya. Pada zaman dahulu, Solo masuk dalam wilayah Kerajaan Mataram dan pernah menjadi pusat pemerintahan. Namun sejak ditandatanganinya Perjanjian Giyanti di tahun 1775, Mataram pun terbagi menjadi dua, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Selain tradisinya yang masih lestari, potensi wisata Solo juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para      wisatawan. Desatinasi wisata di Solo cukup beragam, mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya, edukasi, hingga hiburan yang pasti menarik untuk dikunjungi saat liburan. Di sini Homiers bisa menikmati perjalanan keliling Solo dengan bus bertingkat Werkudoro, Homiers juga bisa menyusuri Sungai Bengawan Solo yang melegenda dengan perahu kayu.

Di samping kedua aktivitas yang menyenangkan tersebut, Homiers bisa mengeksplorasi beberapa tempat wisata di Solo. Yuk simak ada wisata apa saja di Solo!

 

  1. Keraton Kasunanan Surakarta

Photo by @visitsurakarta

 

Keraton Kasunanan Surakarta merupakan salah satu tempat bersejarah yang didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II tepatnya di Desa Sala (Solo) yang kala itu berupa pelabuhan kecil di tepi Sungai Bengawan Solo. Hingga saat ini kompleks keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Raja dan masih menjalankan tradisi kerajaan. Pada sebagian kompleks keraton terdapat museum yang berisi benda-benda koleksi peninggalan kerajaan, termasuk berbagai hadiah dari raja-raja Eropa dan juga replika pusaka keraton, kereta kencana serta gamelan. Sementara pada tengah museum terdapat sebuah sumur yang konon digunakan raja untuk bersemedi. Buat Homiers yang ingin berkunjung kesini diwajibkan untuk mematuhi peraturan yang berlaku, diantaranya adalah tidak boleh mengenakan celana pendek, kacamata hitam, topi, sandal jepit maupun jaket. Jika Homiers kebetulan mengenakan celana pendek maka dianjurkan untuk meminjam kain bawahan selama berwisata ke keraton. Keraton Kasunanan Surakarta ini terletak di Jalan Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Objek wisata ini buka setiap hari Senin-Kamis dengan jam operasional pada pukul 09.00-14.00 WIB, sementara pada hari Sabtu-Minggu buka pukul 09.00-15.00 WIB dan hari Jum’at tutup.

 

  1. Pasar Antik Triwindu

    wisata di kota solo

Photo by @fajarwsatria

Buat Homiers penggemar barang antik, berwisata ke Solo bisa semakin lengkap dengan mengunjungi Pasar Antik Triwindu. Di pasar ini, Homiers akan menemukan berbagai koleksi lawas yang antik dengan nilai seni yang tinggi.  Mulai dari kain batik kuno, lukisan, uang dan koin kuno, ornamen wayang di papan kayu antik, onderdil otomotif yang sudah langka dll. Buat Homiers penggemar barang antik tentu butuh kejelian tersendiri untuk menemukan benda antik yang benar-benar kuno dan memiliki nilai seni tinggi. Selain harus teliti dan jeli, Homiers juga harus pandai melakukan tawar menawar dengan penjual agar mendapatkan barang antik dengan harga yang lumayan “miring”. Selain membeli dengan uang cash, di pasar ini juga masih berlaku sistem barter terutama bagi kamu yang ingin menukarkan barang antiknya dengan barang yang diinginkan sesuai kesepakatan. Lokasi Pasar Antik Triwindu ini berada di Jl. Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

 

  1. Taman Cerdas Jebres

    wisata di kota solo

Photo by @kotasolo_id

 

Kota dengan julukan The Spirit of Java ini memiliki Taman Cerdas yang tersebar di beberapa kelurahan. Taman Cerdas ini bisa menjadi destinasi wisata yang murah meriah namun sarat dengan muatan edukasi yang sangat bermanfaat. Salah satu Taman Cerdas yang bisa diakses oleh masyakarat adalah Taman Cerdas Jebres yang berada di Kelurahan Jebres. Taman Jebres ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 2000 meter persegi dengan berbagai fasilitas dan permainan yang megedukasi, baik fasilitas outdoor maupun indoor.

Di area Taman Jebres terdapat taman bermain untuk melatih ketangkasan anak. Di lokasi wisata murah meriah ini juga terdapat panggung terbuka yang difungsikan sebagai media untuk aktulisasi diri anak. Beberapa patung tokoh pewayangan juga bisa disaksikan berdiri kokoh, sementara di beberapa titik taman terdapat relief dan patung tembaga dari beberapa tokoh nasional Indonesia. Seprti Ir.  Soekarno, Bung Hatta dan juga Ki Hajar Dewantara. Keberadaan patung dinosaurus dan manusia purba juga tak kalah menariknya untuk dijadikan spot foto sekaligus sebagai media pembelajaran bagi anak. Selain fasilitas di atas, Homiers juga akan dimanjakan dengan wahana baru berupa lukisan 3D yang terdapat di dinding sebelah selatan Aula Taman Cerdas Jebres. Untuk lokasinya berada di Kampung Kedung Belang, RW XIII atau di utara tanggul Sungai Bengawan Solo.

 

  1. Candi Sukuh

    wisata di kota solo

Photo by @fesaaprindak

 

Candi Sukuh ini merupakan salah satu situs Warisan Dunia yang diusulkan oleh UNESCO sejak tahun 1995. Situs ini ditemukan pertama kali pada tahun 1815 oleh Johnson yang ditugasi oleh Thomas Stanford Raffles untuk mengumpulkan data guna penyusunan buku History of Java. Bentuk Candi Sukuh sendiri cukup sederhana seperti trapesium dan menyerupai kuil Suku Maya Chichen Itza di Meksiko, namun dengan bentuk bangunan yang tidak rapi dan seperti dibuat secara tergesa-gesa. Keberadaan candi ini cukup kontroversial dengan adanya beberapa relief yang menggambarkan erotisme yang cukup vulgar. Bahkan Candi Sukuh ini juga identik dengan beberapa mitos yang erat kaitannya dengan kesetiaan pasangan. Dan lokasi Candi Sukuh ini berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

  1. Kampung Batik Kauman

    wisata di kota solo

Photo by @vindayurist

 

Kampung Batik Kauman terletak di Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Di sepanjang jalan Homiers akan menjumpai showroom batik dan rumah-rumah yang memproduksi batik sekaligus menjualnya kepada wisatawan. Dahulu kampung ini digunakan sebagai tempat pembuatan kain batik bagi keluarga keraton. Selain kampung batik Kauman ini ada juga kampung batik Laweyan yang terletak di Jalan Dr. Radjiman No 521, Laweyan, Surakarta. Jika batik Laweyan ini didominasi dengan warna-warna terang maka batik Kauman cenderung menggunakan warna gelap. Seperti halnya produk batik Laweyan, hasil produksi kampung Kauman juga banyak dijual ke luar negeri.

 

Nah, itu ada 5 rekomendasi wisata asyik dan hits yang ada di Kota Solo. Kalau Homiers ada rencana liburan bersama dengan rombongan keluarga ke Solo, gak usah bingung soal penginapan. Karena Simply Homy Guest House ada juga di Kota Solo yang lokasinya berada di Jl. KH Hasyim Ashari Solo. Untuk cek fasilitas penginapanSimply Homy unit Solo ini homiers bisa klik link di bawah ini :

Simply Homy Guest House Jogja unit Solo Fasilitas 7 Kamar Tidur dan Mobil Penjemputan 

Kemanapun liburannya, nginepnya di Simply Homy aja. Karena di Simply Homy “Anda Tuan Rumahnya

 

Sumber : nyero.id

Share
Share