9 Keunggulan Pantai Glagah Jogja, Pemecah Ombak Terbaik di Kulonprogo

9 Keunggulan Pantai Glagah Jogja, Pemecah Ombak Terbaik di Kulonprogo

Jogja tidak hanya terdiri dari kawasan Malioboro, Kaliurang, dan Gejayan. Ada satu kawasan di Kota Gudeg ini yang mulai menarik perhatian banyak wisatawan yaitu Kulon Progo. Kulon Progo menawarkan pantai dengan pemandangan indah dan fasilitas beragam. Dan pantai yang paling terkenal di Kulon Progo adalah Pantai Glagah. Pantai Glagah ini dikenal memiliki laguna dan tetrapod beton yang berfungsi sebagai pemecah ombak secara maksimal, ada banyak informasi yang wajib Homiers ketahui tentang Pantai Glagah Jogja. Yuk simak!

 

Keistimewaan Pantai Glagah

Pantai Glagah ini memiliki keistimewaan yang jarang banget ditemukan di pantai kawasan Kulon Progo lainnya. Beberapa daya tarik Pantai Glagah berikut ini mampu memikat Homiers untuk berkunjung:

 

Laguna yang indah

pantai glagah

(Sumber: @bastian.galih)

Bicara soal Pantai Glagah ini pasti akan menyinggung tentang laguna yang dimiliki pantai ini. Umumnya, laguna pantai memiliki penghalang berupa pasir, batu karang, atau semacamnya. Laguna di pantai ini terbentuk dari bagian daratan berbentuk agak cekung yang berisi air laut pasang. Semakin lama, cekungan ini membentuk telaga luas berair tenang dengan tepian yang subur dan ditumbuhi rumput liar. Laguna di Pantai Glagah pun dimanfaatkan sebagai tempat wisata air, seperti perahu kayuh, kano, hingga sampan kecil yang bisa Homiers gunakan untuk berkeliling di  laguna.

 

Dermaga panjang dengan tetrapod

Pantai Glagah dikenal sebagai salah satu pantai di Jogja yang memiliki ombak yang cukup besar. Oleh sebab itu, di kawasan pantai pun dibangun tetrapod. Terbuat dari struktur beton berkaki empat yang berfungsi sebagai pemecah ombak agar tidak masuk ke bibir pantai lebih jauh. Di tengah jajaran tetrapod tersebut dibangun jalan setapak panjang dari beton yang mengarah ke tengah laut. Jalan setapak ini juga digunakan sebagai akses menuju dermaga. Adanya jalan setapak yang dikelilingi tetrapod inilah yang menjadi ciri khas dari Pantai Glagah.

 

Aktivitas seru di Pantai Glagah

Selain menikmati debur ombak yang terpecah oleh tetrapod Homiers bisa melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya di Pantai Glagah. Agar tak melewatkan momen berlibur yang sempurna, ada baiknya Homiers simak beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai Glagah ini:

 

Jalan-jalan di perkebunan buah dekat pantai

pantai glagah

Di pesisir Pantai Glagah ini juga terdapat sebuah perkebunan buah naga bernama Agrowisata Kusumo Wanadri. Pada tahun 2003, seorang tokoh terkemuka di kawasan Glagah, bekerja keras untuk mengubah semak belukar menjadi tempat budidaya buah naga. Di sini, Homiers bisa mendapatkan informasi singkat tentang buah naga, mulai dari proses penanaman, perawatan, hingga berbagai khasiat yang dimilikinya. Selain itu, Homiers juga bisa berkeliling di kebun buah naga dan apotek hidup Jika tertarik, Homiers bisa membeli buah naga dengan harga relatif murah, sekitar Rp15.000 (ukuran kecil) dan Rp30.000 (ukuran besar). Selesai berbelanja buah naga, sempurnakan waktu di Agrowisata Kusumo Wanadri dengan bermain di area outbound.

 

Memancing ikan

Bagi Homiera yang hobi memancing, persiapkan peralatan pancing terbaik saat berkunjung ke Pantai Glagah. Ada dua spot favorit yang biasanya dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan untuk memancing, yaitu laguna dan tetrapod. Jika berniat untuk memancing di kawasan tetrapod, Homiers harus ekstra hati-hati karena ombak yang cukup besar. Apabila ini pertama kalinya Homiers memancing, sebaiknya pilih kawasan laguna karena lebih aman. Memancing di Pantai Glagah pastinya akan memberikan momen yang berkesan.

 

Fasilitas dan akomodasi di Pantai Glagah

pantai glagah

(Sumber: Shutterstock)

Fasilitas dan akomodasi yang disediakan sudah memadai, seperti area parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, tempat istirahat, penyewaan wahana air, dan rumah makan yang menyediakan hidangan laut. Untuk pengalaman yang lebih seru, Homiers bisa coba menyusuri pantai dengan menyewa ATV atau motocross yang tersedia di Pantai Glagah. Bagi yang ingin bermalam dan mencari penginapan, terdapat sejumlah hotel dekat Pantai Glagah yang bisa Homiers pilih dengan fasilitas standar. Sebelum pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh dari berbagai toko yang dikelola oleh warga lokal.

 

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Glagah

pantai glagah

(Sumber: Shutterstock)

Kapanpun waktunya Pantai Glagah akan selalu terlihat cantik dan mengagumkan. Untuk merasakan berlibur maksimal, ada baiknya Homiers datang saat air laut pasang. Pada waktu inilah Homiers dapat menikmati debur ombak besar yang datang bergulung hingga terpecah saat mengenai tetrapod. Untuk waktu terbaik menikmati pemandangan matahari terbenam, Homiers bisa datang ke Pantai Glagah sekitar 16:00.

 

Lokasi dan akses menuju Pantai Glagah

Pantai Glagah ini terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Berjarak 15 km dari pusat Kota Jogja, ada dua rute yang bisa Homiers tempuh untuk menuju Pantai Glagah. Agar perjalanan lebih nyaman, sebaiknya Homiers menggunakan kendaraan pribadi. Sebaliknya, jika ingin bertualang dengan cara backpacker, Homiers bisa menggunakan bus jurusan Jogja – Wates dari Terminal Giwangan dan berhenti di Terminal Kota Wates. Dari terminal di Wates ini, Homiers bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus umum jurusan Pantai Glagah – Congot – Trisik. Nantinya, Homiers bisa minta langsung diturunkan di pintu masuk Pantai Glagah.

 

Jangan lupa membawa kamera saat liburan ke Pantai Glagah ya, apalagi jika Homiers datang saat senja. Pantai Glagah terkenal memiliki pemandangan sunset yang menakjubkan, jadi pastikan Homiers mengabadikan momen tersebut. Jangan tunggu lebih lama lagi, jadikan momen liburan ke Yogyakarta semakin seru dan berkesan dengan memasukkan Pantai Glegah ke daftar destinasi wisatamu!

 

Sumber :blog.traveloka.com

Share
Share