Tahukah Kamu di Jogja ada Air Terjun Luweng Sampang yang Baru dan Indah ?

Tahukah Kamu di Jogja ada Air Terjun Luweng Sampang yang Baru dan Indah ?

 

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budayanya saja, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Gunungkidul. Kondisi alam yang ada di Kabupaten Gunungkidul berhasil membuat obyek wisata baru yang sangat cocok untuk Homiers kunjungi. Air terjun yang belum terkenal tetapi sangat indah adalah Air Terjun Luweng Sampang.

Di Wilayah Gunungkidul banyak sekali pantai yang memiliki batu-batuan cadas, dan di air terjun ini juga dihiasi dengan batuan-batuan cadas berwarna putih, dan terlihat kontras dengan birunya air. Batuannya yang terkena erosi air sehingga terkikis alami dan membentuk garis garis yang sangat unik. Bebatuan yang terbentuk membuat tebing ini sangat mirip dengan Antelope Canyon di Arizona. Jika Homiers melihat keindahan Air Terjun ini dari atas bebatuan, air terjun tersebut mengalir ke sebuah lubang dan terbentuknya luweng tersebut.

air terjun luweng sampang

Asal usul dari penamaan Luweng Sampang ini diambil dari bahasa Jawa luweng yang memiliki arti lubang dan sedangkan sampang yang merupakan lokasi dari keberadaan air terjun ini. Air terjun ini sendiri hanya berketinggian 5 meter dengan debit air yang lumayan rendah. Keindahan dari Air Terjun ini berganti dan berubah sesuai dengan musim. Saat mengunjungi kawasan wisata ini pada saat musim hujan, debit air akan sangat besar dan juga warna coklat dari tanah juga akan ikut menghiasi keindahan dan kecantikan dari air terjun ini.

Sementara pada musim kemarau debit air terjun akan sedikit lebih kecil. Air akan sangat jernih dan di sekitar air terjun para pengunjung akan melihat kolam kecil dengan warna tosca yang memikat hati serta pemandangan bebatuan yang semakin cantik. Air terjun ini memberikan suasana yang begitu tenang jika pengunjung datang dan menikmati keindahannya. Sebenarnya di daerah ini terdapat dua air terjun, jika para pengunjung menelusuri arus sungai yang ada mana akan menemukan air terjun kedua dan jarak dari kedua air terjun ini tidak terlalu jauh.

air terjun luweng sampang

Di Air Terjun Luweng Sampang ini Homiers dapat bermain air, mandi pada kolam air yang tidak terlalu dalam dan juga mengambil foto dengan latar belakang air terjun yang indah. Air terjun ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto prewedding karena pemandangannya yang sangat indah.

 

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh Homiers menuju Pantai Baros. Namun lokasi Air Terjun Luweng Sampang ini lumayan jauh dengan pusat kota Yogyakarta. Alamat Air Terjun ini tepatnya berada di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Rute Menuju Air Terjun Luweng Sampang

Rute menuju Air Terjun Luweng Sampang ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika Homiers dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, kemudian lurus terus ke Jalan Kusumanegara, sampai di perempatan ke arah selatan ke Jalan Gedongkuning, lurus terus sampai di perempatan ke arah timur ke Jalan Wonosari, lalu lurus terus melewati Jalan Nasional III, lurus terus tetap berada di Jalan Nasional III, kemudian sampai di pertigaan ke arah utara ke Jalan Raya Piyungan, lalu lurus terus sampai di perempatan ke arah timur ke Jalan Piyungan – Ngoro oro, kemudian lurus terus tetap berada di Jalan Piyungan -Ngoro oro, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Air Terjun Luweng Sampang.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Air Terjun Luweng Sampang lumayan jauh yaitu sekitar 29,5 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Air Terjun Luweng Sampang sekitar 1 jam 5 menit.

 

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Luweng Sampang

Untuk memasuki kawasan wisata Air Terjun ini Homiers tidak dikenakan biaya alias gratis. Sedangkan untuk parkir di Air Terjun Luweng Sampang Homiers dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 untuk Sepeda Motor dan Rp 5.000 untuk Mobil.

 

Fasilitas Air Terjun Luweng Sampang

Fasilitas yang ada di Air Terjun ini masih minim, jadi Homiers harus menyediakan sendiri apa yang ingin dibawa, begitu juga bekal yang akan dimakan pada saat berada disana.

 

 

Sumber : alodiatour.com

Share
Share