Inilah Rekomendasi 4 Tempat Wisata di Tegal Yang Bagus & Hits

Inilah Rekomendasi 4 Tempat Wisata di Tegal Yang Bagus & Hits

Ngomongin soal Tegal, tentu ingatan Homiers mungkin akan langsung tertuju pada warteg “Warung Tegal” dan bahasa dialek “Ngapak”-nya yang unik. Namun, jika Homiers menelusuri lebih jauh kota pantura ini, Homiers akan terkagum-kagum melihat keindahan objek wisatanya yang eksotis dan menarik. Tegal memang mempunyai destinasi wisata yang tak kalah keren dengan kota Jogja ataupun kota lainnya.

Akomodasi yang tersedia di Tegal relatif lengkap. Aneka hotel / penginapan dan pusat perbelanjaan pun ada. Akses jalan dan transportasi cukup bagus.

Nah, berikut ini ada referensi dan panduan lengkap tempat wisata yang ada di Kota Tegal. Yuk, simak daftar listnya berikut!

  1. Bukit Goa Lawa atau Bukit Batu Agung
    tempat wisata di tegal

Tempat wisata baru di Tegal Bukit Goa Lawa atau Bukit Batu Agung Balapulang (Foto : IG @fatihzafran)

Ini dia tempat wisata baru di Tegal yang lagi ngehits banget dikalangan anak muda, namanya Bukit Goa Lawa atau dikenal juga dengan sebutan Bukit Batu Agung.

Objek wisata ini terletak di 3 desa yaitu Desa Batu Agung, Desa Harjawinangun, dan Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Konon kabarnya, disebut Bukit Goa Lawa karena banyak terdapat lawa (baca : kelelawar) yang hidup di goa-goa yang berada di bukit ini. Di bukit ini terdapat tumpukan batuan besar yang menjulang tinggi ke atas.

Di puncak batu inilah lokasi favorit para anak muda untuk selfie dan narsis ala kekinian. Dari atas puncak batuan ini, Homiers bisa melihat pemandangan indah nan eksotis sejauh mata memandang. Namun, yang perlu Homiers ingat adalah medan yang harus Homiers lalui menuju ke tumpukan batu ini sangatlah sulit dan tergolong ekstrim.

Jadi, disarankan Homiers membawa guide yang sudah berpengalaman. Dan jangan mengunjungi bukit ini saat musim hujan karena jalannya licin. Untuk memasuki kawasan ini, Homiers akan dikenai tiket masuk sebesar Rp.5.000,- per orang.

 

  1. Danau Beko Margasari
    tempat wisata di tegal

Danau Beko Margasari (Foto : IG @sasmythapict)

Selain Bukit Batu Agung, ada satu lagi tempat wisata alam di Tegal terbaru yang lagi naik daun akhir-akhir ini, yaitu Danau Beko yang terletak di Dusun Karangdawa Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

Danau ini sebenarnya bukan tempat yang sengaja dikelola sebagai objek wisata, namun karena keindahannya maka tak sedikit warga, terutama anak muda yang mengunjunginya. Danau Beko merupakan cekungan bekas penambangan batu kapur oleh warga.

Cekungan tersebut kemudian terisi oleh air hujan, lama-kelamaan penuh, dan terbentuklah sebuah danau yang indah. Tidak hanya satu, akan tetapi ada sekitar 5 cekungan. Kalau tak keliru, terbentuknya danau ini mirip dengan salah satu tempat wisata baru di Gunung Kidul Jogja yang bernama Telaga Biru Semin.

Bagi Homiers yang tertarik untuk mengunjunginya, sebaiknya datang saat pagi atau sore hari ketika cuaca tidak begitu panas. Hal ini karena disini belum ada tempat berteduh sama sekali. Untuk harga tiket masuk sepertinya masih gratis.

 

  1. Pemandian Air Panas Guci
    tempat wisata di tegal

Pemandian Air Panas Guci (Foto : adventureriderscommunity.wordpress.com)

Siapa sih yang tak kenal dengan Pemandian Air Panas Guci? Hampir semua warga Tegal pernah liburan ke sini. Tempat wisata di Tegal yang terkenal ini termasuk salah satu pemandian air panas di Indonesia favorit wisatawan. Rasanya belum sah jika belum menginjakkan kaki ke Pemandian Air Panas Guci.

Lokasinya yang berada di ketinggian membuat destinasi ini memiliki udara yang sejuk, bahkan cenderung dingin. Namun, ada pemandian air panas Guci yang siap untuk menghangatkan tubuh Homiers. Terdapat fasilitas penginapan dan kolam air hangat yang bisa kita pilih dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan selera Homiers.

Wisatawan yang badannya pegal-pegal akan bisa langsung rileks dan hilang capeknya begitu berendam di kolam berair hangat ini. Pemandian Air Panas Guci atau ada yang menyebutnya Guci Indah adalah obyek wisata yang berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Terletak di kaki Gunung Slamet, tentu saja udara di Guci begitu sejuk dan segar. Kalau Homiers ingin menyegarkan diri ke tempat ini, tinggal menempuh 40 km ke arah selatan kota Tegal saja. Selain pancuran air hangat, ada juga air terjun. Salah satu yang dikenal adalah Air Terjun Jedor.

Bila Homiers tak ingin berbasah-basahan, ada jasa sewa kuda dengan tarif yang relatif murah yang siap mengajakmu berkeliling. Guci juga termasuk tempat wisata di Tegal yang terkenal dengan keindahannya karena memiliki spot hunting foto yang bagus dan keren. Selain menyuguhkan pemandian air panas, objek wisata Guci juga menawarkan panorama indah nan mendamaikan. Hijaunya hutan sejauh mata memandang dan sejuknya udara disini nampaknya membuat Guci sebagai salah satu tempat wisata yang romantis di Tegal.

  1. Pantai Alam Indah Tegal (PAI)
    tempat wisata di tegal

Pantai Alam Indah Tegal (Foto : IG @vinitsurayya)

Tegal terletak di jalur Pantai Utara Pulau Jawa, tidak mengherankan apabila Tegal mempunyai sejumlah wisata pantai yang menarik dikunjungi, Pantai Alam Indah, misalnya. Pantai yang terletak tidak jauh dari kota Tegal ini, akan menyapa Homiers dengan hamparan pasir dan ombak yang cukup besar. Meski begitu, pengunjung dapat berenang selama mematuhi peraturan. Ingin menikmati pemandangan pantai lebih seru? Sewa saja perahu beramai-ramai dengan pengunjung lain.

Pantai Alam Indah termasuk salah satu tempat wisata di Tegal yang bagus dan murah. Harga tiket masuk PAI sekitar Rp.1000,- dan hari libur Rp.1.500,-. Pemerintah pun sudah cukup peka dengan minat wisatawan yang berkunjung ke Pantai Alam Indah. Sejumlah fasilitas pendukung seperti waterboom, kereta kuda, sepeda, dan permainan anak telah tersedia.

Banyak sekali warung-warung di Pantai Alam Indah menyediakan makanan khas Tegal. Satu lagi yang tidak boleh terlupa. Matahari tenggelam (sunset) di pantai ini sangat memukau. Selain itu, di kompleks pantai ini ada juga Monumen dan Museum Bahari. Berfoto selfie di monumen dan museum ini akan membuat liburan Homiers semakin lengkap.

 

Sumber : anekawisata.com

Share
Share