Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Brajan adalah salah satu dusun sentra kerajinan bambu yang terletak di desa Sendang Agung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 20 Km arah barat kota Yogyakarta.

Awal perjalanan dari Tugu Yogyakarta, ke arah barat, ke Jalan Godean, ke jurusan Kalibawang. 200 m sebelum terminal pingitan, diketemukan jalan masuk ke utara, masuk ke jalan itu. Sampai dipertigaan (kurang lebih 500 meter) lalu belok kanan. Ikuti jalan tersebut kurang lebih 2 km. Homiers bakal sampai ke desa ini, gak udah khawatir tersesat karena ada papan petunjuk ke Desa Wisata Brajan.

Desa Wisata Kerajinan Bambu

Desa Brajan ini dikenal sebagai desa wisata kerajinan bambu karena 98 persen penduduknya adalah pengrajin bambu. Nama Brajan diambil dari Kyai Braja Setiko, seorang pertapa yang mengajarkan anyaman dari bambu untuk keperluan upacara adat. Ketika Kyai Braja meninggal, desa itu dinamai Brajan. Waktu itu, penduduk setempat pencahariannya adalah petani. Diwaktu luang banyak yang membuat peralatan dapur dari anyaman bambu, besek, wakul dan pincuk.

Desa Brajan ini mulai berkembang jadi pusat kerajinan bambu sejak tahun 1991. Salah satu perajin, yang merupakan generasi ketiga adalah Sulisman. Semula dia membuat 4 kerajinan bambu berupa kap lampu, tempat tisu, tempat buah dan tempat koran. Dulu dari simbah dan ayah hanya membuat cething dan peralatan dapur. Seiring dengan perkembangan jaman kerajinan bambu mengalami deversifikasi hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari 110 jenis kerajinan bambu.

Desa Wisata Kerajinan Bambu

(jalan2.com)

 

Potensi Produk Kerajinan Bambu

Desa Wisata Kerajinan Bambu

Tiap bulan Brajan selalu menjadi tujuan Wisata Nusantara (Wisnu) dan Wisata Manca Negara (wisman), baik rombongan yang kebanyakan para siswa dan mahasiswa dari luar Jogja maupun perseorangan. Jika rombongan banyak, maka akan dibagi beberapa kelompok untuk mengunjungi tempat-tempat perajin. Ini dimaksudkan untuk meratakan pendapatan.

Desa Wisata Kerajinan Bambu

 

(sentrabrajan.jogjaplaza.com)

Para pengrajin sendiri telah mengetrapkan mutu produknya, jadi kerajinan bambu Brajan sudah dikenal di luar negeri seperi Malaysia, Australia dan Belanda.

 

Potensi Kesenian Tradisional

Desa Wisata Kerajinan Bambu

Tari Kuntulan (yogyakarta.panduanwisata.com)

Selain kerajinan dari bambu, Desa Wisata Brajan ini juga memiliki kesenian yang menjadi potensi wisata. Kesenian tersebut antara lain adalah Kuntulan (seni religius Islami), Campursari, Kerawitan, Cokekan dan Shalawatan. Dan juga keindahan alam pedesaan yang masih alami dan keramahan masyarakatnya akan menjadi pengalaman tersendiri bagi para wisatawan.

 

Wisata Kerajinan Bambu

Desa Wisata Kerajinan Bambu

Pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan bambu. Mau belajar kerajinan bambu, Desa Wisata Brajan menyediakan instruktur yang ahli dalam bidang anyaman bambu.

 

Wisata Alam

 

Jika Homiers ingin menikmati eksotisme keindahan panorama alam pedesaan yang masih alami, Homiers bisa tinggal di dusun Brajan selama beberapa hari. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di dusun ini, adalah garap sawah; mencangkul, tandur padi, matun (menyiangi rumput), prosesi wiwitan, ani-ani (petik padi), mancing gurami, tangkap lele dan lain-lain.

Desa Wisata Kerajinan Bambu

Peta Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan, Sleman, Yogyakarta

 

 

Sumber : gpswisataindonesia.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *