Info Lengkap Obyek Wisata Alam Air Terjun Jumog dan Harga Tiket Masuk

Info Lengkap Obyek Wisata Alam Air Terjun Jumog dan Harga Tiket Masuk

Air Terjun Jumog

Wisata Air Tejun Jumog berada di Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia 57793. Menuruni seratus enam belas anak tangga menjadi tantangan ketika Homiers tiba di daerah wisata yang berada di Karanganyar, Jawa Tengah. Tapi, Homiers tidak akan merasa lelah kalau merasakan panorama yang disuguhkan sepanjang perjalanan.

Air tejun jumog adalah obyek wisata di Kabupaten Karanganyar. Objek wisata ini berada di kaki Gunung Lawu, tepatnya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Atau, sekitar empat puluh satu kilometer dari Solo. Udaranya yang sejuk dan hamparan pohon – pohon rindang memutari obyek wisata yang satu ini. Homiers gak akan kepanasan ketika menuruni anak tangga terbuat dari semen lantaran naungan pohon – pohon pakis di sisi luar tangga melekat di tebing. Memang, selesai menapaki anak tangga, Homiers tidak seketika menemukan lokasi tersebut hal yang demikian. Homiers masih semestinya berjalan sekitar 100 meter untuk menemukannya di balik tebing. Tapi, suasana adem & panorama hijau menyegarkan tidak akan membuat perjalanan Homiers terasa membosankan.

Air Terjun Jumog

Air terjun Jumog sempat dijuluki Surga yang Sirna. Pasalnya, sebelum sah dibuka untuk biasa pada tahun 2004, lokasi tersebut ini ditutupi semak belukar. Akibatnya, warga dan Pemerintah Desa (Pemdes) Berjo bergotong royong membabat semak dan membuka jalan sehingga curug ini dapat dipandang biasa. Tinggi air terjun ini hanya sekitar tiga puluh meter, debit airnya juga tidak terlalu besar.

Umumnya, pengunjung bermain dan merendam kaki di aliran sungai yang meneruskan limpahan air terjun. Di depan curug, Badan Umum Milik Desa Berjo yang mengelola daerah tamasya ini membuat jembatan. Tempat ini menjadi daerah unggulan pengunjung berfoto dengan latar air terjun. Pengelola juga membuat tempat duduk – kursi dari kayu yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk melepas lelah dan merasakan keindahan air terjun jumog ini.

Fasilitas lain yang disediakan pengelola berupa wahana permainan si kecil ada jungkat jungkit, ayunan dan bola panjat. Ada juga kolam renang untuk si kecil. Tapi, tidak banyak wahana air tersedia kecuali ember tumpah.

Homiers yang tidak membawa bekal tidak perlu khawatir. Karena terdapat jajaran kios menyiapkan bermacam – macam menu, mulai dari mie instan hingga sate kelinci dan sate ayam. Mereka tidak sekedar menawarkan makanan tapi juga oleh – oleh produk masyarakat sekitar. Contohnya, kerupuk ketela & teh bermacam – macam rasa.

 

Harga Tiket Masuk

Untuk biaya masuknya Homiers hanya akan dikenakan biaya 5.000 / orang. Buat Homiers yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkirkan di area yang telah disediakan pengelola. Dan biaya parkirnya hanya 2.000 untuk sepeda motor dan  4.000 untuk kendaraan beroda 4.

 

Rute Menuju Lokasi

Jika Homiers ingin ke spot wisata ini yang berada di Solo, tak terlalu susah karena akses jalan menuju ke tempat tersebut sudah cukup bagus. Homiers hanya akan melewati sebuah jalanan menanjak tak terlalu tinggi. Kalau perjalanan wisata Homiers bermula dari Solo, Homiers wajib menuju ke arah bagian timur. Jika sudah sampai di daerah Karangpandan, Homiers tak akan menemukan kesulitan untuk menuju ke tempat tersebut. Sebab sudah terdapat papan  petunjuk jalan untuk ke tempat wisata tersebut. Posisi tempat tersebut berada di lereng Gunung Lawu kawasan kabupaten Karanganyar. Rute termudah dengan mencontoh Jalan Raya Tawangmangu kemudian ada sebuah per-3-an kecil menuju ke jalanan tamasya Jumog – Candi Sukuh – Kemuning – Candi Cetho. Posisi per-3-an kecil hal yang demikian dijumpai sebelum menjelang wilayah Tamasya Alam Tawangmangu. Dari gerbang tamasya, cuma sejauh dua kilometer dengan mengambil jalan ke kanan menyusuri jalur aspal cukup sempit.

Bagi pengguna kendaraan umum bisa memakai bus biasa dari Solo ke terminal Karangpandan (arah ke Tawangmangu) dengan biaya sebesar 5.000 rupiah perorang , dilanjutkan naik bus kecil ke Nglorog (Candi Sukuh atau Curug Jumog) atau menuju terminal Kemuning (Candi Cetho) dengan biaya sebesar 2000 rupiah perorang. Berikutnya naik ojek sebab tak ada kendaraan biasa menuju tempat candi atau curug. Biaya ojek telah tercantum, sekitar 50.000 rupiah pulang – pergi, namun masih dapat di nego.

Dari arah area parkir kendaraan , Homiers diwajibkan berjalan kaki sekitar jauhnya 400 meter. Dengan melewati jalanan setapak berupa tangga menurun terbuat dari bahan batu semen. Rasa letih dikarenakan perjalanan yang lumayan menghabiskan banyak waktu kalian akan terbayar dengan adanya suasanan dan pemandangan tempat wisata ini.

Air Terjun Jumog

Fasilitas

Fasilitas yang berada di area wisata tersebut dapat dikatakan cukup memuaskan untuk para pengunjung atau wisatawan. Walaupun tak selengkap tempat wisata telah populer, tetapi lumayan terawat dan bersih. Di tempat wisata tersebut terdapat mushola kecil berada di area parkir. Walau tak cukup besar tetapi untuk kebersihan nya tetap dijaga dan suasananya cukup nyaman. Tak hanya itu, di area wisata ini juga terdapat kolam renang yang nyaman dan cukup bersih. Kolam renang ini lebih dikhususkan untuk si buah hati kecil dibawah umur tujuh tahun. Dari pihak pengelola membuat kolam renang ini untuk fasilitas si buah hati bermain air, dari pada bermain air dibawah curug atau dialiran sungai. Kolam renang ini hanya memiliki kedalaman 50cm, jadi aman untuk buah hati kalian untuk berenang disini. Tak perlu membayar lagi untuk berenang disini, sebab karcis masuk telah termasuk fasilitas yang berada di Jumog ini.

 

 

Sumber : jejakpiknik.com

Share
Share