Peringati Sumpah Pemuda 5 Nilai Ini Bisa Kamu Terapkan Dikeseharian

Peringati Sumpah Pemuda 5 Nilai Ini Bisa Kamu Terapkan Dikeseharian

Peringati Sumpah Pemuda

5 Nilai Ini Bisa Kamu Terapkan Dikeseharian

 

Homiers wajib bangga lahir di Indonesia, karena setiap tahun, para muda-mudi Indonesia bakal merayakan Hari Sumpah Pemuda. Sebelumnya Homiers masih ingat gak, kenapa sumpah muda selalu dirayakan setiap tahunnya?

Yuk flashback dulu. Sumpah pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari rapat pemuda-pemudi atau kongres pemuda Indonesia.

Peristiwa sejarah ini merupakan suatu pengakuan pemuda-pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yang sampai saat ini, diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Homiers masih ingat gak apa isi pengakuan pemuda-pemudi Indonesia? Yuk, kita ingat-ingat lagi..

 

Soempah Pemoeda

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

 

Sumpah pemuda memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, oleh karena itu, seluruh masyarakat Indonesia diharapkan bisa meneladani sikap dan perilaku para pemuda yang telah berhasil mengikrarkan sumpah pemuda.

Cara meneladani sumpah pemuda adalah dengan cara mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Lalu apa aja sih yang bisa kita lakukan untuk menerapkan nilai sumpah pemuda pada jaman sekarang? Yuk, simak!

 

  1. Jangan kemakan Hoax

Di era digitalisasi, wadah penyebaran informasi sudah sangat mudah diakses. Apalagi dengan lahirnya media sosial yang secara nggak langsung dapat mendoktrin pemikiran pemuda yang masih labil.

Hati-hati, hal ini bisa menyelakakan Homiers dengan sekali forward (kirim ke teman lainnya). Jika ternyata informasi itu nggak akurat, dan memiliki unsur sara atau pencemaran nama baik. Homiers bisa dikenakan pasal ITE dan terjerumus ke dalam bilik penjara. Serem kan? Makannya harus pintar-pintar menyaring informasi ya Homiers.

 

  1. Toleransi

Ingat ya kita lahir di Indonesia, yang meliputi beragam bahasa, budaya, dan agama. Jadi sebagai saudara yang hidup dalam satu kesatuan negara, kita mesti bersikap saling merangkul dan saling menghargai, agar gak ada petumpahan darah antar saudara. Kan enak kalau damai, mau pergi kemana aja jadi gak akan was-was.

 

  1. Jaga kebudayaan Indonesia

Kamu mesti bangga jadi orang Indonesia, karena kaya akan kebudayaan. Budaya itu sendiri adalah bagian dari ciri khas suatu wilayah lho. Jadi jangan sampai hilang agar anak cucu kita masih bisa melihat kebudayaan kita. Jepang aja bangga dengan kimononya. Masa kita diam aja batik, reog dan desain kerajinan perak, direbut negara lain?

 

  1. Belajar

Supaya nggak dibodoh-bodohi dengan perkembangan zaman, menambah wawasan itu penting lho. Caranya dengan belajar, perkembangan teknologi semakin lama semakin berkembang, biar nggak ketinggalan zaman, Homiers harus terus menambah wawasan dengan cara belajar. yang jelas berawal dari membaca.

 

  1. Menjaga lingkungan

Homiers gak usah bingung-bingung menerapkan makna sumpah pemuda, karena dengan menjaga lingkungan, Homiers sudah menghargai makhluk hidup lainnya. Dari jangan buang sampah sembarangan, jangan melukai tumbuhan sampai menjaga bumi dari polusi udara dan efek rumah kaca.

Itulah 5 nilai sumpah pemuda yang bisa Homiers terapkan di kehidupan sehari-hari, selain menerapkan, Homiers juga harus ingat ikrar sumpah pemuda, ya! Agar semangat Homiers sama dengan pemuda kita terdahulu.

Jadi Homiers sudah melakukan yang mana aja nih?

 

Sumber : ens-stan.com

 

 

Share
Share