Wisata Goa Kalisuci di Gunungkidul beserta Kegiatan Liburan

Wisata Goa Kalisuci di Gunungkidul beserta Kegiatan Liburan

Wisata Goa kalisuci merupakan obyek wisata alam di gunung kidul, yaitu susur sungai (rafting) sekaligus susur goa (cave tubing). Kawasan goa kalisuci ini merupakan wisata susur goa pertama yang ada di Indonesia. Jadi, kawasan goa kalisuci ini lebih dulu ada ketimbang Goa Pindul.

Goa kalisuci ini berlokasi di padukuhan jetis wetan, desa pacarejo, kecamatan semanu, kabupaten gunung kidul, dan berjarak kurang lebih 12 km dari pusat kota wonosari, daerah istimewa yogyakarta. Goa kalisuci ini menawarkan pesona dan keseruan yang hampir sama dengan goa pindul yang juga berlokasi di kabupaten gunung kidul.

 

Rafting Goa Kalisuci

wisata goa kalisuci

Homiers yang berkunjung berwisata ke sana di goa kalisuci akan menemukan keunikan berupa fenomena bukit karst serta goa yang dialiri sungai bawah tanah. Aliran sungai bawah tanah yang mengalir melalui goa-goa tersebut ternyata merupakan suatu sistem kesatuan aliran sungai yang saling berhubungan satu-sama lain di kawasan perbukitan karst Gunungkidul

 

Cave Tubing Kalisuci

wisata goa kalisuci

Di goa kalisuci ini Homiers bisa melakukan aktivitas susur sungai sekaligus susur goa dengan menggunakan peralatan khusus yang telah disediakan pihak pengelola goa kalisuci, antara lain perahu karet, tali, helm pengaman, dan jaket pelampung. Goa tergolong cukup panjang dengan langit-langit yang cukup tinggi dan sungai berkedalaman sekitar 2-3 meter. Dan Ketika Homiers tiba di lokasi basecamp pengelola,terlebih dahulu harus menuruni tangga tebing bebatuan yang cukup terjal dan curam. Berhati-hatilah karena jalanan yang licin dan berbatu bisa membuat Anda tergelincir. Keseruan dan keasyikan telah dimulai! Homiers pun turun menuju pintu goa. Perjalanan menuju pintu goa ini akan memakan waktu sekitar 10 menit. Perjalanan awal ini cukup membuat tegang buat Homiers yang belum pernah melakukan petualangan.

 

Petualangan Seru di Goa Kalisuci

wisata goa kalisuci

Jika Homiers belum pernah melakukannya, tidak perlu khawatir karena Homiers akan ditemani oleh pemandu yang telah memiliki keahlian khusus dibidangnya. Selain itu aliran sungai bawah tanah ini cukup aman bagi pemula, tidak seperti sungai-sungai berarus deras yang biasa digunakan untuk olahraga arung jeram. Setelah Homiers mengenakan seluruh perlengkapan, petualangan seru pun segera dimulai, Homiers akan hanyut bersama perahu karet mengikuti aliran air. Aliran sungai bawah tanah akan terus membawa Homiers dari goa kalisuci menuju Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan hingga berakhir di Goa Mburi Omah Jarak tempuh cave tubing di goa ini sekitar 500 meter dan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam. Pemandu akan memberikan banyak hal yang berkaitan dengan bentukan goa, potensi goa, serta mengarahkan perjalanan Homiers hingga menuju titik akhir. Jadi selain berwisata dan bertualang, Homiers juga akan mendapatkan banyak wawasan.

Suasana di dalam goa cukup gelap, karena tidak terdapat penerangan demi menjaga kelestarian ekosistem yang ada di dalamnya, antara lain hewan mamalia kelelawar yang banyak terdapat di sudut-sudut goa. Meskipun keadaan gelap, selama perjalanan menyusuri goa para wisatawan bisa tetap menikmati keindahan alami goa dengan berbagai relief stalaktit dan stalakmit dengan sejuta pesonanya yang memukau. Semuanya seolah berpadu bersama gemericik aliran air yang menantang.

 

Tarif Rafting Goa Kalisuci

wisata goa kalisuci

Untuk menikmati segala keseruan yang ada di cave tubing goa kalisuci ini, Homiers perlu membayar ongkos sebesar Rp. 75.000,00. Jika Homiers tertarik untuk mencoba petualangan seru tersebut bisa datang langsung ke sana.

 

Sumber : garasijogja.com

Share
Share