Grojogan Sewu, Air Terjun Indah Yang Wajib di kunjungi

Grojogan Sewu, Air Terjun Indah Yang Wajib di kunjungi

Alam selalu menghadirkan pesona yang tak ada duanya. Selain jajaran gunung yang berdiri kokoh, ada juga pesona air terjun yang tidak kalah indahnya. Bahkan, Air terjun bisa dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat yang mampu menyegarkan hati dan juga pikiran dengan dinginnya air yang dihasilkan. Air Terjun yang satu ini cukup unik,  Grojogan Sewu mempunyai panorama yang mengundang decak kagum di setiap wilayahnya. Seperti nama Grojogan Sewu yang dimiliki oleh Karanganyar. Terletak di bawah kaki Gunung Lawu, air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 81 meter ini memiliki panorama yang tidak akan tertandingi oleh mana pun.

 

Dua Pintu Masuk Ke Grojogan Sewu

grojogan sewu

Air terjun Grojogan Sewu Karanganyar memiliki dua pintu masuk yang bisa dipilih. Pintu masuk pertama berada di dekat Taman Balekambang. Kemudian, Pintu masuk yang kedua berada di dekat River Hill. Kedua pintu ini memiliki keindahan dan keunikan masing-masing yang mungkin, bisa jadi aternatif plihan buat Homiers jika ingin berkunjung ke Grojogan Sewu ini.

 

Pintu Pertama Grojogan Sewu

grojogan sewu

Pintu masuk pertama adalah pintu masuk yang paling dikenal oleh seluruh masyarakat. Tempatnya yang dekat dengan Terminal Tawangmangu, membuat semua wisatawan akan lebih memilih tempat ini. Pintu masuk ini begitu ramai karena ada banyak kuda-kuda yang berjajar, sehingga menghadirkan sebuah pemandangan yang berbeda. Buat Homiers yang memiliki jiwa petualangan. Pintu masuk ini menjadi yang paling direkomendasikan.

grojogan sewu

Jalur yang harus dilalui merupakan anak tangga yang sudah sangat baik dan nyaman bagi Homiers semua. Lalu, apa yang harus ditakutkan dari jalur ini? Bukankah, Jalur tangga merupakan jalur yang nyaman dan aman. Kenapa harus menuntut fisik? Jawabannya ialah jumlah anak tangga yang cukup fantastis. Kurang lebih ada 1000 anak tangga, ada juga yang bilang kalau jumlahnya ada 1250 anak tangga. Saat jalan menurun, Homiers semua tidak terasa capek. Tetapi, coba saat pulang dan jalur tangga menjadi naik. Disinilah yang tadi disebut dengan membutuhkan tenaga ekstra. Akan lebih susah lagi, bila banyak pengunjung yang datang. Tapi Homiers jangan patah semangat dulu yaa. Rasa lelah Homiers semua akan terbayar karena, di sepanjang perjalanan udara yang sejuk akan selalu menemani. Pepohonan yang rindang akan selalu menjadi sahabat yang baik memberikan sebuah oksigen untuk Homiers semuanya.

 

Pintu Kedua Grojogan Sewu

Pintu masuk yang kedua cukup bersahabat untuk Homiers. Karena jalurnya yang cukup landai. Memang menanjak dan disertai bebatuan. Tetapi, lebih bersahabat apalagi untuk para lansia yang masih bersemangat untuk menikmati keindahan air terjun ini. Di pintu masuk yang ini, Homiers akan disambut dengan sebuah taman mini dimana terdapat patung ular dan juga katak seperti sedang bertengkar. Kedua patung ini dialiri air sehingga membentuk sebuah taman yang menarik untuk dinikmati. Tidak jauh dari sini Homiers akan menemui Tempat makan. Warung makan ini cukup spesial karena, ada menu khas Tawangmangu yaitu Sate Kelinci dan juga Sate landak yang begitu nikmat dan juga lezat. Dijamin Homiers bakal ketagihan kalau menyempatkan untuk berkuline di sini.

 

Kera-Kera Yang Berkeliaran

grojogan sewu

Inilah yang membuat tempat ini semakin menarik. Kera-kera yang berkeliaran dan bebas bergelantungan kesana-kemari. Tetapi, Homiers harus behati-hati dengan kera-kera ini. Mereka akan mengambil makanan secara paksa jika, ketahuan ada yang membawa makanan. Jangan sekali-kali melawan kera ini. Karena, saat satu kera datang untuk mengambil makanan. Maka, kera yang lain pun akan ikut membantu mengambil makanannya. Kera-kera disini cukup besar dengan kuku yang cukup bisa membuat Homiers semua terluka. Tapi, tidak semua kera nakal dan jahat. Homiers semua bisa foto bersama dengan kera-kera ini saat mereka sedang duduk santai di jembatan. Saat membidik kera ini, mereka pun juga akan sedikit narcis lho Homiers.

 

Harga Tiket Grojogan Sewu

Jika Homiers ingin naik transportasi umum. Homiers bisa naik bus dari Terminal Tirtonadi menuju Terminal Tawangmangu dengan harga 20 ribu rupiah. Dari Terminal ini menuju pintu masuk Homiers bisa naik ojek dengan harga 10 ribu rupiah.

 

Rute Dan Lokasi Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu terletak di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Homiers bisa mencapai tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Arahkan kendaran menuju ke Terminal Tawangmangu. Jalur menuju Terminal Tawangmangu pun cukup mudah. Hanya berjalan lurus mengikuti jalan, mulai dari Terminal Tirtonadi. Dari Terminal Tawangmangu, Homiers bisa berjalan perlahan karena, jarak antara Terminal dan pintu masuk 1 cukup dekat seitar 1 kilometer saja. Dan, jarak menuju ke pintu masuk ke dua 500 meter dari Pintu masuk pertama.

Grojogan Sewu Tawangmangu, adalah salah satu pesona air terjun yang dimiliki oleh karanganyar. Dengan pesona dan keindahan yang luar biasa, membuat Homiers wajib berkunjung ke sini bila berkujung ke Solo atau Karanganyar.

 

 

Sumber : nativeindonesia.com

Share
Share