10 Kuliner Khas Jogja yang Hits dan Paling Sering di Cari

10 Kuliner Khas Jogja yang Hits dan Paling Sering di Cari

Jogja yang dikenal sebagai Kota Gudeg dan kota budaya, Jogja juga dikenal sebagai kota pelajar. Banyak mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, namun tak sedikit pula pelajar dari luar negeri lho. Jika membahas Jogja dari segi apapun, tak akan pernah selesai dalam satu hari.

Kenapa sih pada ke Jogja? Karena Jogja menyimpan sejuta tempat wisata. Tempat yang bagus ini diimbangi juga dengan kuliner-kuliner yang nikmat. Tahukah Homiers, Jogja yang dikenal sebagai kota ramah dompet ini akan memberikan Homiers kuliner kuliner khas Jogja tanpa perlu Homiers merogoh kocek terlalu dalam. Homiers akan dengan mudah menjumpai berbagai kuliner di Jogja. Penasaran apa saja kulinernya? Yuk simak!

 

1. Oseng Mercon Bu Narti
kuliner khas jogja

Kuliner ini bisa Homiers dapatkan di daerah Kauman. Jika Homiers pecinta makanan pedas, Oseng Mercon Bu Narti ini cocok dilidahmu. Isi dalam oseng mercon ini terbilang cukup sederhana, karena hanya terdiri dari kikil, gajih, serta tulang muda. Siap-siap saja ya, ketika Homiers mencoba oseng mercon bu Narti ini lidah kalian terasa kebakar, pedasnya gila.

 

2. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Jogja memang sangat terkenal dengan gudegnya, tak sedikit pula penjual gudeg di sini. Hampir disetiap sudut kota Jogja, Homiers menemui penjual gudeg. Salah satunya Gudeg Mbah Lindu. Gudeg satu ini sudah cukup terkenal, pasalnya gudeg di Sosrowijayan ini telah berjualan sejak zaman penjajahan hingga sekarang ini. Uniknya, penjual gudegnya yang bernama Mbah Lindu ini sudah berusia 100 tahun. Luar biasa kan? Homiers bisa menjumpai gudeg ini di depan Hotel Grace Yogyakarta.

3. Gudeg Yu Djum
kuliner khas jogja

Siapa sih yang nggak kenal Gudeg Yu Djum? Namanya cukup terkenal dan citarasanya yang nikmat membuat sebagian wisatawan yang datang ke Jogja pasti ingin mencoba gudeg ini. Gudeg ini juga dikenal sebagai salah satu gudeg legendaris yang ada di Jogja. Untuk pusatnya, Gudeg Yu Djum terletak di Wijilan. Gudeg ini bisa Homiers jadikan oleh-oleh lho, aman untuk dibawa pulang. Yang membuat gudeg ini enak adalah dari proses memasaknya yang menggunakan kayu bakar, dan menu yang paling digemari adalah gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental.

 

4. Sate Klatak Pak Pong
kuliner khas jogja

Kuliner yang satu ini cukup terkenal, gak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Jogja, memilih sate Klatak Pak Pong untuk sekedar makan siang. Sate Klatak memang memiliki kekunikan, kalau biasanya sate ditusuk dengan menggunakan bambu, justru sate Klatak ini ditusuk dengan menggunakan jeruji besi yang didapat dari jeruji velg sepeda. Sate klatak ini sebenarnya gak menggunakan bumbu khusus atau bumbu rahasia, yang membuat rasanya begitu enak. Hampir sama dengan sate-sate lainnya. Mungkin karena cara membakarnya saja yang menggunakan jeruji velg sepeda, sehingga rasanya sedikit berbeda dan lebih enak. Nah kalau Homiers mau ke sini, Sate Klatak Pak Pong berada di Jalan Imogiri Timur, No.7, Wonokromo, Jogja.

 

5. Mangut Lele Mbah Marto
kuliner khas jogjakuliner khas jogja

Homiers suka makan lele? Jika Homiers pecinta lele, Homiers bisa mengunjungi warung Mangut Lele Mbah Marto. Warung ini berada di lokasi yang cukup sulit untuk ditemui, namun jika Homiers sudah menemuinya, maka semua rasa lelah mu terbayarkan oleh nikmatnya kuliner satu ini. Mangutnya sendiri merupakan Lele yang lebih dulu diasapkan selama 5 jam. Mangut lele ini dimasak dengan rempah-rempah pilihan, makanya kualitas rasa nggak diragukan lagi.

 

6. Angkringan Lik man
kuliner khas jogja

Angkringan ini merupakan tempat nongkrong pada malam hari yang cocok banget. Di jogja, salah satu agkringan asik adalah angkringan Lik Man. Di sini, Homiers bisa menemui kopi dengan sebutan kopi jos. Kopi ini sangat unik karena disajikan menggunakan arang panas. Di sini juga ada aneka makanan lain, sama seperti angkringan pada umumnya.

 

7. Sate Kere
kuliner khas jogja

Kalau Homiers jalan-jalan ke Malioboro, Homiers akan menjumpai disepanjang jalan penjual sate. Namun ada salah satu sate yang menarik perhatian wisatawan, namanya sate kere. Sate kere ini berbahan dasar gajih, bagian lemak ini kalau dibakar pasti mengguah selera siapapun yang lewat. Sesuai namanya sate kere, harganya juga cukup murah, satu tusuknya hanya Rp 2.000 saja.

 

8. Soto Batok Mbah Karto
kuliner khas jogja

Selain Gudeg, soto juga menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari wisatawan bahkan warga lokal sendiri. Dan salah satu soto lezat di Jogja adalah Saoto Bathok Mbah Katro. Soto yang satu ini terbilang unik karena penyajiannya menggunakan batok kelapa. Kebanyakan yang mencoba Saoto Mbah Katro ini selalu nambah lho, karena soto yang disajikan di batok ini porsinya tak begitu banyak. Saoto Batok Mbah Katro ini kuahnya super jernih lho, serta ditambah dengan kecambah dan beberapa lembar potongan daging sapi. Di sini Homiers tak hanya menikmati soto saja, namun ada beberapa makanan lain yang bisa Homiers makan bersama soto. Dijamin ketagihan deh!

 

9. Mie Ayam Tumini
kuliner khas jogja

Kuliner enak tapi gak perlu bayar mahal ini adalah mie ayam Tumini dengan cita rasa yang nendang banget. Untuk seporsi mie ayam Tumini ini Homiers cukup membayar Rp 6.000-8.000 saja. Mie ayam Tumini memang sudah cukup terkenal, sangking ramainya, warung mie ayam ini, bisa menghabiskan lebih dari 700 porsi perhari. Luar biasa kan?

 

10. Bakmi Mbah Mo
kuliner khas jogja

Bakmi goreng Mbah Mo ini terkenal karna teksturnya yang kesat dan gak mengandung banyak minyak. Jika dilihat sekilas, bakmi ini seperti menggunakan kuah santan. Padahal, kuahnya yang kekuningan terdapat dari telur bebek yang dicampur ketika memasaknya. Berada tidak jauh dari kota Jogja, kuliner satu ini tak pernah sepi pengunjung. Bakmie lezat ini terletak di jalan Parangtritis km 11, Dusun Code, Trienggo, Bantul, Yogyakarta. Kuliner ini sudah berdiri sejak 1986, cukup lama kan? Untuk harganya, seporsi bakmi Mbak Mo dihargai Rp 27.000, sedangkan untuk bakmi Jawa godog biasa, dihargai Rp 21.000.

 

 

Sumber : brilicious.brilio.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *