8 Wisata Menarik Di Jogja Untuk Liburan Akhir Tahun

8 Wisata Menarik Di Jogja Untuk Liburan Akhir Tahun

Ada banyak tempat wisata di Yogyakarta yang bisa Homiers kunjungi saat liburan akhir tahun. Tidak hanya menarik, beberapa tempat wisata di Yogyakarta ini bisa Homiers kunjungi secara gratis. Buat Homiers yang ingin liburan akhir tahun ke Yogyakarta, ada beberapa tempat wisata murah di Yogyakarta yang bisa Homiers kunjungi.

Berikut ini 8 tempat wisata di Yogyakarta untuk liburan akhir tahun Homiers berasama keluarga. Yuk simak!

 

  1. Malioboro
    liburan akhir tahun

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu tempat wisata di Yogyakarta ini? Malioboro merupakan tempat wisata murah yang bisa Homiers kunjungi hanya berjalan kaki beberapa ratus meter dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Di Malioboro ini Homiers bisa berkeliling sembari menikmati kuliner dan bahkan bisa berbelanja. Ada banyak sekali pedagang yang berjualan di sepanjang Malioboro ini, mulai dari kaos, batik, blangkon dan pernak-pernik lainnya. Selain itu, Homiers juga bisa menikmati iringan lagu yang dibawakan musisi jalanan di kawasan Malioboro.

 

  1. Tugu Yogyakarta
    liburan akhir tahun

Tugu Yogyakarta yang merupakan landmark Kota Yogyakarta ini juga bisa jadi pilihan Homiers ketika liburan akhir tahun ke Yogyakarta. Terletak di tengah persimpangan Jalan Margo Utomo, Jalan Soedirman, Jalan Am Sangaji dan Jalan Diponegoro menjadikan tempat wisata murah ini selalu ramai dikunjungi. Umumnya wisatawan menjadikan Tugu Yogyakarta sebagai latar belakang foto. Tidak hanya menjadi spot foto, konon, tugu ini memiliki nilai simbolis dan merupakan garis lurus yang menghubungkan antara Gunung merapi, Keraton Yogyakarta dan Laut Selatan.

 

  1. Keraton Yogyakarta
    liburan akhir tahun

Tidak jauh dari Tugu Yogyakarta, ada Keraton Yogyakarta yang bisa Homiers jangkau hanya dengan berjalan kaki. Keraton Yogyakarta Hadiningrat merupakan tempat tinggal Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Raja Daerah Istimewa Yogyakarta. Hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang untuk tiket masuk, Homiers sudah bisa menikmati wisata sejarah dan koleksi Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta Hadiningrat buka mulai pukul 08.00-14.00 WIB.

 

  1. Taman Sari
    liburan akhir tahun

Tempat wisata di Yogyakarta berikutnya ada Taman Sari. Untuk sampai di Taman Sari, Homiers cukup berjalan kaki dari Keraton Yogyakarta sekitar 10 menit. Taman Sari ini dulunya tempat peristirahatan, hiburan dan meditasi bagi Sultan dan kerabat perempuan Sultan. Kompleks Taman Sari ini merupakan satu kesatuan bangunan yang terdiri dari kolam besar dan kecil, kanal air, ruang ibadah, tempat pemandian,pesanggarahan, menara dan pulau buatan. Taman Sari ini buka mulai pukul 09.00-15.00 WIB dengan biaya tiket masuk berkisar Rp. 10.000 / orang.

 

  1. Alun-alun Kidul Yogyakarta
    liburan akhir tahun

Dari Taman Sari, Homiers bisa berjalan ke arah timur untuk menuju Alun-alun Kidul Yogyakarta. Alun-alun kidul Yogyakarta terletak tepat di belakang keraton Yogyakarta dan menjadi salah satu tempat wisata yang murah di Jogja. Alun-alun Kidul Yogyakarta atau yang dikenal dengan sebutan “Alkid” ini diyakini merupakan tempat peristirahatan bagi para Dewa. Di tempat wisata di Yogyakarta ini, Homiers tidak dipungut biaya apapun kecuali jika ingin menikmati beberapa wahana dan permainan yang ada di Alun-alun Kidul Yogyakarta.

 

  1. Tebing Breksi
    liburan akhir tahun

Tebing Breksi merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang awalnya adalah lokasi tambang. Namun sejak tahun 2014, kegiatan penambangan ini ditutup oleh pemerintah dan pada tahun 2015 resmi menjadi tempat wisata di Yogyakarta. Tempat wisata yang Instagramable dan murah di Jogja ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Buat Homiers yang ingin berkunjung ke Tebing Breksi hanya akan dikenakan biaya parkir saja.

 

  1. Pantai Parangtritis
    liburan akhir tahun

Salah satu destinasi wisata terfavorit di kawasan Yogyakarta ini memang tidak pernah dilupakan oleh para wisatawan, dimana karena ukurannya yang cukup luas membuat Pantai ini menawarkan aktivitas yang tidak terbatas bagi para wisatawan seperti mengelilingi pantai dengan menggunakan motor ATV, Kuda maupun Delman, melakukan olahraga seperti sepak bola di pasir, bermain di pinggir ombak, bermain layangan, atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati suasana Pantai Parangtritis yang begitu menawan. Lokasi Pantai Parangtritis ini sangat mudah diakses dari Kota Yogyakarta. Dengan jarak tempuh 1 jam dari kota Yogyakarta, Homiers bisa sampai di pantai ini. Jalan untuk menuju Pantai Parangtritis ini juga sangat luas dan landai sehingga membuat perjalanan Homiers sangat nyaman. Dan lokasi Pantai Parangtritis ini berada di Desa Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

 

  1. Kalibiru
    liburan akhir tahun

Tempat wisata di Yogyakarta berikutnya yang bisa Homiers kunjungi saat liburan akhir tahun ada Kalibiru. Kalibiru merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang hits sejak tahun 2014. Wisata Kaliburu ini sempat menjadi trending topik karena keindahan panoramanya. Mempunyai gardu pandang yang diberi nama pohon pinus, pengunjung dapat melihat keindahan alam daerah Kulon Progo melalui gardu tersebut. Tak hanya gardu pandang yang ada di lokasi ini. Flying fox juga menjadi favorit pengunjung ketika berada di wisata tersebut. Lokasi wisata Kaliburu berada di Kecamatan Kokap. Untuk masuk ke obyek wisata ini, Homiers tak perlu merogoh kocek dalam. Hanya cukup mengeluarkan sekitar Rp. 3 ribu saja sudah dapat memasuki wilayah tersebut. Untuk menaiki obyek seperti gardu pandang dan bermain flying fox Homiers memerlukan biaya tambahan.

 

 

 

Sumber : travel.tribunnews.com

Share
Share