7 Tempat Wisata Jogja Paling Hits Dekat Malioboro Yang Wajib di kunjungi

7 Tempat Wisata Jogja Paling Hits Dekat Malioboro Yang Wajib di kunjungi

Melakukan wisata ke Jogja seperti tidak ada habisnya. Jogja begitu unik karena banyak menyediakan tempat wisata yang murah dan mudah dijangkau dari mana-mana. Ada berbagai macam wisata yang tersedia di Jogja, mulai dari wisata sejarah, wisata edukasi, kampung wisata, wisata alam, dan sebagainya. Namun di antara wisata Jogja yang paling terkenal adalah Malioboro. Inilah tempat wisata di Jogja yang selalu hidup selama 24 jam. Sepanjang ruas jalan Malioboro, para wisatawan bisa puas memanjakan mata untuk berbelanja barang atau makanan dengan harga yang relatif murah. Malioboro merupakan pusat keramaian di Kota Jogja. Homiers sebaiknya tidak melewatkan Malioboro saat melakukan wisata ke Jogja. Tetapi, Homiers terkadang bingung mau ke mana setelah puas menikmati keramaian dan keeksotisan Malioboro?

Homiers gak perlu khawatir, ada 7 tempat wisata Jogja yang paling hits dekat Malioboro yang bisa dikunjungi. Yuk simak!

 

  1. Keraton Yogyakarta
    wisata jogja

Inilah wisata sejarah di Jogja yang paling dekat dengan Malioboro. Pusat budaya Yogyakarta ini bisa ditempuh dalam hitungan menit dari Malioboro. Homiers bisa mengetahui tentang sejarah panjang Jogja sekaligus menikmati berbagai atraksi budaya. Homiers bisa melihat bagaimana bentuk seragam para prajurit beserta dengan sistem kepangkatannya, berbagai jenis tarian yang masih dipertahankan hingga kini dan Pendopo Keraton tempat upacara-upacara penting digelar. Homiers akan merasakan suasana kerajaan masa lalu yang masih kental sekali. Pokoknya, Keraton Yogyakarta adalah tempat wisata Jogja yang selalu hits dekat Malioboro. Salah satu wisata sejarah Jogja ini sangat mudah untuk dituju dari segala arah.

 

  1. Titik Nol KM Jogja
    wisata jogja

Titik Nol KM Jogja adalah tempat wisata Jogja paling hits 2019 yang dekat dengan Malioboro yang bisa Homiers kunjungi bersama teman atau keluarga. Titik Nol KM Jogja adalah istilah untuk menyebut sebuah kawasan perempatan yang berada di selatan Malioboro, di Kantor Pos Besar Yogyakarta. Di kawasan ini juga terdapat Gedung Agung, Benteng Vredeburg, Monumen Batik, dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Sebagai salah satu ruang publik, kawasan ini selalu dipadati masyarakat baik untuk nongkrong, kumpul bareng komunitas maupun mengadakan pertunjukan seni.

 

  1. Tugu Jogja
    wisata jogja

Tugu Jogja menjadi salah satu tempat wisata Jogja yang paling hits dekat Malioboro. Siapa pun pasti pernah melihat Tugu Jogja ini. Dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono 1, tugu yang awalnya memiliki ketinggian 25 meter ini lahir sebagai simbol persatuan rakyat Jogja melawan penjajahan Belanda. Nama lain dari Tugu Jogja adalah Golong Gilig karena memiliki bentuk yang melingkar dan mengerucut pada pucuknya. Tugu ini juga dikenal dengan nama Tugu Pal Putih. Tugu Jogja pernah runtuh akibat gempa bumi pada 10 Juni 1867. Tahun 1889 Tugu Jogja direnovasi Belanda dan mengalami berbagai perubahan bentuk. Ketinggian tugu yang tadinya 25 meter menjadi hanya 15 meter setelah itu. Oh ya, Tugu Jogja ini juga salah satu bangunan mistis dalam mitologi Jogja. Namun, Tugu Jogja kini bukan hanya tempat yang memiliki kekuatan mistis tetapi telah menjadi obyek wisata. Sore dan malam hari, wisatawan dari segala penjuru selalu ramai mengunjungi Tugu Jogja ini untuk berfoto atau menikmati suasana khas Jogja. Homiers bisa berjalan kaki dari Malioboro menuju Tugu Jogja sambil menikmati romantisnya kota ini saat sore hari.

 

  1. Museum Benteng Vredeburg
    wisata jogja

Salah satu tempat wisata Jogja paling hits dekat Malioboro berikutnya adalah Museum Benteng Vredeburg. Bangunan yang juga terletak di sebelah selatan Pasar Beringharjo ini merupakan bekas penjara bagi para pejuang Tanah Air. Tempat wisata Jogja ini juga terletak di depan Gedung Agung dan Keraton Yogyakarta. Di dalam Museum Benteng Vredeburg terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia. Bangunan asli Benteng Vredeburg dikelilingi oleh sebuah parit (jagang) yang sebagian bekas-bekasnya telah direkonstruksi dan dapat dilihat hingga sekarang. Benteng berbentuk persegi ini mempunyai bastion (menara pantau) di keempat sudutnya.

 

  1. Taman Sari
    wisata jogja

Taman Sari merupakan sebuah taman berisi kolam air yang indah dan khas masa lalu. Karena berada di dalam Keraton Yogyakarta, sudah tentu Taman Sari adalah salah satu tempat wisata Jogja paling hits dekat Malioboro. Ini adalah tempat raja menikmati saat-saat indah dengan para selirnya di sela memimpin kerajaan. Homiers bisa melihat ruangan khusus tempat para istri menggunakan ramuan-ramuan tradisional demi merawat kulit tubuh mereka agar selalu bersinar dan wangi di Taman Sari. Homiers bisa foto-foto dengan latar belakang Taman Sari yang begitu asri dan indah dipandang mata.

 

  1. Pasar Beringharjo
    wisata jogja

Sangat dekat dengan Malioboro, maka tidak heran Pasar Beringharjo adalah tempat wisata di Jogja yang paling hits. Pasar Beringharjo telah menjadi pusat kegiatan perekonomian Kesultanan Yogyakarta selama ratusan tahun. Pasar Beringharjo memang paling terkenal buat kulakan batik. Tapi sebenarnya di sini ada berbagai macam oleh-oleh yang bisa Homiers beli. Mulai dari kaos oblong, totebag, dress batik, pouch, seprai, sandal batik, jamu, sampai suvenir pernikahan.

 

  1. Alun-alun Kidul
    wisata jogja

Mulai sore hingga malam hari, Alun-alun Kidul menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang paling hits dekat Malioboro. Dikelilingi bangunan kuno Keraton Yogyakarta dengan tembok di sekelilingnya, Homiers harus mencoba ritual Masangin, yaitu masuk ke ruang di antara dua pohon beringin raksasa di tengah Alun-alun Kidul sambil berjalan mundur. Selain melakukan ritual Masangin, Homiers juga bisa keliling Alun-alun Kidul dengan sepeda hias. Aneka warna cahaya dari lampu becak ini membuat Alun-alun Kidul menjadi begitu meriah malam hari. Tidak usah khawatir kelaparan atau kehausan, di sekeliling tempat wisata Jogja dekat Malioboro ini banyak yang menjual aneka makanan dan minuman khas Yogyakarta.

 

 

Sumber : dream.co.id

Share
Share