Cara Mencegah Banjir Agar Tidak Masuk Sampai Ke Rumah

Cara Mencegah Banjir Agar Tidak Masuk Sampai Ke Rumah

 

Memasuki bulan Januari di tahun 2020 ini curah hujan semakin tinggi saja. Beberapa daerah langganan banjir di penjuru Indonesia pun sudah mulai terbenam. Tidak menutup kemungkinan, genangan pun bisa meluas ke daerah-daerah yang sebelumnya tidak pernah terkena banjir, termasuk kawasan rumah Homiers. Lakukan 6 cara berikut ini untuk mencegah banjir masuk ke dalam rumah sedini mungkin. Kebiasaan yang dibentuk oleh Homiers serta orang-orang di sekitar bisa ampuh untuk menghalau bencana ini sampai ke rumah.

 

  1. Buat Biopori dan Sumur ResapanCARA MENCEGAH BANJIR

Cara mencegah banjir yang pertama adalah membuat lubang resapan air baik itu berbentuk sumur ataupun bipori. Dibuatnya lubang tersebut bisa membuat air hujan yang turun akan lebih mudah meresap ke dalam tanah atau pun dapat dibuang langsung ke saluran drainase. Untuk membuat sumur resapan memang sedikit memerlukan tenaga dan uang esktra, karena lahan harus dibor dan digali dengan kedalaman yang cukup besar. Dan cara praktisnya adalah membuat lubang-lubang kecil dengan kedalaman rendah yaitu biopori. Semakin banyaknya lubang biopori di halaman rumah Homiers, maka rumah semakin aman dari bahaya banjir. Selain berguna sebagai media serapan, biopori juga dapat menjadi sumur pembuatan kompos organik yang bermanfaat.

 

  1. Gunakan Paving Block di Halaman

CARA MENCEGAH BANJIR

Sebuah rumah harus memiliki lahan terbuka sebagai media serapan air hujan atau air lainnya. Maka dari itu, jangan tutup seluruh area depan rumah atau carport dengan menggunakan aspal atau lantai keramik ya Homiers. Ada baiknya menggunakan paving block atau grass block yang memiliki bolongan di tengahnya. Selain dapat membantu air menyerap ke tanah, penggunaan paving block untuk area carport juga awet dan sangat kuat.

 

  1. Jangan Menutup Solokan!

CARA MENCEGAH BANJIR

Tak sebandingnya pertumbuhan pembangunan jalan dengan jumlah kendaraan kerap membuat orang seenaknya menutup solokan untuk dijadikan lahan lewat kendaraan. Hal itu tentu akan membuat air hujan menggenang terus-menerus sehingga dapat merendam rumah Homiers. Maka itu jangan sekali-kali menutup solokan di depan rumah Homiers agar air dapat masuk lalu mengalir ke sungai atau kali. Selanjutnya yang harus Homiers lakukan adalah membersihkan saluran air atau selokan tersebut secara rutin, baik dilakukan secara mandiri atau bersama-sama dengan tetangga.

 

  1. Tinggikan Permukaan Rumah

Ini merupakan cara yang pas jika Homiers tengah merenovasi rumah. Sebab meninggikan permukaan rumah membutuhkan dana yang besar jika tidak dilakukan secara bersamaan dengan proses renovasi lainnya. Selain itu proses pengerjaannya pun memakan waktu yang cukup lama sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, solusi ini sangat jitu membuat rumah terhindar dari banjir jika posisi rumah Homiers berada lebih rendah dari posisi jalan.

 

  1. Buang Sampah pada Tempatnya

CARA MENCEGAH BANJIR

Seperti yang sudah diketahui, salah satu penyebab banjir bersumber dari masyarakat sendiri adalah kebiasaan membuang sampah ke selokan atau ke sungai. Untuk mengubah kebiasaan itu, tentu harus dimulai dari diri dan lingkungan rumah sendiri. Homiers harus mulai mendisplinkan diri dan anggota keluarga untuk membuang sampah rumah tangga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Hal ini harus dibiasakan apalagi jika tidak ada petugas pengangkut sampah di sekitar tempat tinggal Homiers.

 

  1. Cara Mencegah Banjir dengan Menanam Pohon

CARA MENCEGAH BANJIR

Gak bisa dipungkiri kehadiran pohon-pohon di rumah-rumah yang berada di kota semakin minim sekali. Padahal hadirnya pohon-pohon berbatang besar di rumah dapat membantu penyerapan air hujan. Maka itu, sebaiknya Homiers juga memulai menanam pepohonan yang memiliki daya serap air tinggi. Beberapa contohnya seperti pacar air, pohon dukuh, pohon kenanga, dan pohon mangga di halaman rumah.

 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Homiers untuk menghalau masuknya banjir ke rumah. Mulailah melakukan hal-hal kecil yang dapat memberikan manfaat besar untuk kedepannya. Kalau bukan dari diri kita sendiri, lalu siapa yang akan melakukannya?

Semoga Bermanfaat Homiers..

Sumber : www.99.co

Share
Share