KONSUMSI 5 MAKANAN SEHAT INI KETIKA MUSIM PENGHUJAN

KONSUMSI 5 MAKANAN SEHAT INI KETIKA MUSIM PENGHUJAN

Saat memasuki musim penghujan, kondisi dan daya tahan tubuh Homiers menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Upaya dalam menjaga kesehatan tubuh Homiers sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tapi, salah satu hal utama yang perlu Homiers perhatikan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang dapat membantu tubuh agar tetap sehat. Makanan yang kaya akan nutrisi dapat menjadi katalis untuk mendapatkan tubuh Homiers tetap sehat. Jika dikonsumsi, makanan tersebut bukan hanya mampu mengoptimalkan sistem imun, tetapi juga membantu penyembuhan tubuh, menurunkan inflamasi, dan dapat membunuh bakteri berbahaya. Nah, berikut ini adalah makanan-makanan yang dapat membantu Homiers hidup lebih produktif dan tubuh lebih sehat.

1. Alpukat

makanan musim hujan

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2013, diketahui bahwa orang-orang yang mengonsumsi alpukat cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah, lemak perut yang lebih sedikit, serta menunjukkan risiko lebih rendah dari gejala-gejala penyakit metabolisme. Gejala-gejala penyakit metabolisme tersebut dapat memicu penyakit seperti diabetes dan jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat secara teratur dapat menurunkan tingkat kolesterol pada darah. Orang-orang yang mengonsumsi alpukat ini juga cenderung memakan lebih banyak buah dan sayur-sayuran. Konsumsi alpukat dapat menghasilkan kulit yang sehat. Karena alpukat mengandung vitamin C, E, dan K, yang juga penting untuk kesehatan kulit. Selain itu, lemak sehat pada alpukat dapat membantu mencegah keriput pada kulit. Sedangkan nutrien lainnya dapat membantu menurunkan kerusakan akibat terkena sinar matahari langsung.

2. Ikan

makanan musim hujan
Ikan ataupun makanan laut lainnya cenderung sangat sehat dan bernutrisi, terutama yang mengandung asam lemak omega-3 dan iodin. Kebanyakan orang seringkali mengalami kekurangan dua zat tersebut di dalam tubuhnya. Ikan yang mengandung banyak omega-3 adalah ikan salmon dan sarden. Ikan disebut juga sebagai makanan bagi otak karena asam lemaknya, DHA dan EPA, yang membantu otak dan sistem syaraf bekerja sebagaimana mestinya. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang memakan makanan laut dalam jumlah yang banyak, terutama ikan, cenderung untuk hidup lebih lama dan memiliki risiko rendah terkena penyakit, seperti penyakit jantung, dementia, dan depresi.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

makanan musim hujan
Kacang-kacangan dan biji-bijian biasanya mengandung nutrien penting dan dibutuhkan juga oleh tubuh Homiers tentunya agar tetap sehat. Zat tersebut termasuk magnesium dan vitamin E, yang seringkali kurang kandungannya di tubuh manusia. Salah satunya adalah kacang kenari. Kacang kenari ini mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menjaga kesehatan jantung Homiers, menurunkan kolesterol buruk dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, mengonsumsi kacang kenari juga dapat memperbaiki suasana hati. Makanan yang kaya dengan omega-3 ini dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

4. Susu

makanan musim hujan
Semua jenis susu memiliki kandungan tinggi dari vitamin, mineral, kualitas protein hewani, dan lemak sehat. Minuman yang memiliki kandungan vitamin D seperti susu, dapat membantu tubuh Homiers untuk tetap sehat dan menggunakan kalsium. Hal tersebut sangatlah penting, terutama jika Homiers mengalami osteoporosis atau masalah tulang.

5. Minyak Zaitun

makanan musim hujan
Ada begitu banyak jenis minyak yang diklaim sebagai makanan sehat. Dan salah satu minyak yang paling sehat untuk dikonsumsi ialah minyal zaitun. Jenis minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk jantung Homiers. Selain itu, minyak zaitun juga sangat tinggi akan kandungan antioksidannya hingga mampu menunjang tubuh Homiers agar menjadi selalu sehat. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa konsumsi minyak zaitun dapat memperbaiki tingkat kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Sumber : www.kompas.com

Share
Share