Wisata Edukasi Museum Gunung Merapi

Wisata Edukasi Museum Gunung Merapi

Homiers..Museum Gunung Api Merapi (MGM) terletak di desa Harjobinangun Pakem Sleman, jarak dari kawasan obyek wisata Kaliurang sekitar 5 km dan akses menuju ke museum cukup mudah dijangkau. Jika Homiers berangkat dari arah Yogyakarta, jaraknya hanya sejauh 20 km. Museum Gunung Api Merapi (MGM) resmi dibuka sebagai wahana baru dalam pengembangan ilmu kegunungapian skala nasional dan dunia serta mitigasi bencana pada tanggal 1 Oktober 2009. Homiers bisa mendapatkan informasi yang menjelaskan tentang kegunungapian, penanggulangan bencana, tentang gempa bumi, dan lain sebagainya. Homiers bisa tahu informasi tentang kebencanaan geologi dengan edukatif dan rekreatif sehingga wawasan dan pemahaman aspek alamiah dan sosial budaya.

Arsitektur bangunan Museum Gunung Api Merapi (MGM) sengaja dibuat menyerupai sebuah candi yang memiliki undak, kaki, badan dan kepala. Pada dinding badan bangunan museum ini atau lobby terdapat relief yang menceritakan hubungan antara manusia dan gunung api dalam kehidupan sehari-hari. Masih diruang lobby, pada bagian tengah ruang tersebut terdapat sebuah maket gunung api yang berskala besar lengkap dengan uap. Di setiap bagian dalam museum ini dilengkapi dengan ruangan-ruangan yang bertemakan tentang kegunungapian. Seperti tema Volcano World, On The Merapi Volcano Trail, Manusia dan Gunungapi, Bencana Gempabumi dan Tsunami, Bencana Gerakan Tanah, Diorama, Peralatan Survey, Extra-terrestrial Volcano, Film Show, dan fasilitas penunjang lainnya.

Di dalam museum sendiri, Homiers disuguhi ruang teater dengan ruangan yang cukup nyaman, dilengkapi dengan layar lebar untuk menyaksikan film pendek tentang Gunung Merapi. Durasi film ini sekitar 1 jam dan disana, Homiers bisa mendapatkan gambaran visual yang lebih lengkap mengenai keindahan dan keelokan Gunung Merapi. Jika ingin melihat langsung panorama Gunung Merapi, Homiers dapat naik ke lantai dua disebelah belakang dan dari sana dapat memanfaatkan teropong untuk memandangi lokasi sekitar museum. Setelah puas menikmati semua ruangan di dalam museum, Homiers dapat beranjak keluar untuk melihat pemandangan yang indah dan sejuk di lokasi wisata Kaliurang yang asri dan menyenangkan.

Jika Homiers sedang di Yogyakarta, tidak ada salahnya mengunjungi Museum Gunung Api Merapi yang berada di Kaliurang ini. Homiers akan mendapatkan banyak manfaat bertambahnya pengetahuan sekaligus berlibur yang menyenangkan.

Dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *