Kipo, Makanan Khas Kotagede

Kipo, Makanan Khas Kotagede

Homiers, sedang liburan ke Jogja atau sedang merencanakan liburan ke Jogja? Pastinya apabila Homiers berkunjung ke Jogja akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang asyik dan menyenangkan. Jika berkunjung ke Jogja akan terasa kurang jika Homiers belum membeli oleh-oleh khas Jogja.

Nah, setelah Homiers puas berkeliling dan menikmati indahnya Kota Jogja. Hal yang tidak pernah ketinggalan dilakukan adalah membeli oleh-oleh. Untuk itu ada baiknya jika Homiers menyempatkan diri sejenak untuk mengunjungi pusat oleh-oleh yang ada di kawasan Kotagede, Jogja. Karena di Kotagede terdapat oleh-oleh khas Jogja yaitu Kipo.

Di Kotagede selain terkenal dengan kerajinan peraknya, disana juga terkenal akan makanan khasnya yaitu Kipo dan Yangko. Kalo Yangko sudah banyak yang tahu, tapi bagaimana dengan Kipo? Kue Kipo berbentuk kecil berwarna hijau dan berisi parutan kelapa bercampur gula jawa. Satu biji kue Kipo ini sangatlah kecil, tidak lebih besar dari jempol orang dewasa, dan satu kali telan selesai sudah. Makanan ini hanya dapat di temukan di Jogja, lebih tepatnya lagi Kotagede. Nama Kipo sendiri berasal dari kalimat ‘iki opo‘ yang disingkat atau kalau dalam Bahasa Indonesia artinya ‘ini apa’. Maklum, orang Jawa memang punya kebiasaan menyingkat-nyingkat nama sesuatu.

Bahan kulitnya yang berwarna hijau terbuat dari adonan tepung ketan dengan sedikit santan dan garam, sedangkan isinya namanya enten-enten terbuat dari paduan parutan kelapa dengan gula jawa. Perpaduan enten-enten dengan kulit luar Kipo yang terbuat dari ketan ini kemudian dipanggang dan akan menghasilkan rasa yang manis dan gurih. Warna hijau yang didapat pun bukan dari bahan kimia, melainkan dari bahan alami berupa daun suji. Jadi jangan kaget jika menemui semua kue Kipo berwarna hijau dan isinya berwarna coklat, karena proses pemanggangan tadi.

Buat homiers yang tertarik dengan citarasa kue asli Kotagede ini, jangan khawatir soal harga. Kue Kipo dijual dengan harga terjangkau karena harga produksinya pun relatif murah, terlebih diproduksi dalam jumlah banyak.

Buat homiers yang berkunjung ke Jogja lengkapi liburan seru kalian dengan kuliner khas Jogja. Jadikan liburan anda penuh kenangan dan penuh cerita seru.

Dari Berbagai Sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *