Inilah Tips Terbaru Untuk Memilih Bisnis Franchise Di Indonesia (Bagian 2)

Inilah Tips Terbaru Untuk Memilih Bisnis Franchise Di Indonesia (Bagian 2)

Bagaimana kabar bisnis anda? Semoga tetap lancar dan sukses ya. Kali ini kami kembali melanjutkan bagian yang hilang dari artikel sebelumnya, yaitu tentang tips terbaru untuk memilih bisnis franchise di Indonesia. Mengingat makin maraknya bisnis franchise di Indonesia, membuat bisnis tersebut memunculkan potensi yang bermacam-macam, bisa positif dan bisa juga negatif. Bagi para pebisnis, tentunya memilih segala sesuatu yang telah diketahui dan dipersiapkan dengan matang bukan? Untuk itu, berikut ini lanjutan tips terbaru untuk memilih bisnis franchise di Indonesia.

  1. Selidiki resiko dan peluang di masa mendatang terkait franchisenya.

    Hampir sama seperti beberapa poin sebelumnya, bisnis apapun anggaplah saja memiliki resiko dan memang seperti itulah kenyataannya. Resiko yang ada hanya bisa diantisipasi dengan kiat-kiat yang sudah kita ketahui ilmunya. Untuk memilih franchise, tips yang aman adalah menyelidiki terlebih dahulu resiko-resiko yang ada, baik dari pihak yang bersangkutan langsung maupun dari pihak lain. Memprediksi resiko yang mungkin ada sangatlah penting bagi franchisee, supaya bisa selalu menyiapkan antisipasinya.

    Biasanya, dimana ada resiko, disitu ada peluang. Memprediksi jalannya bisnis franchise di masa mendatang, perlulah melihat peluang apa yang mungkin ada selain mengetahui resikonya. Dengan melihat peluang yang ada, bisa dijadikan antisipasi daripada resiko yang ada, sehingga hal ini bisa menjadikan pertimbangan calon franchisee untuk memilih franchise tersebut atau tidak.

  1. Hindari franchisor yang menggunakan banyak pekerja manusia dalam bisnisnya.

    Dari pengalaman banyak pihak, sudah barang tentu bahwa bisnis franchise yang melibatkan banyak pekerja atau karyawan pasti memerlukan biasa operasioanl yang besar, sehingga resiko yang ada juga meningkat. Selain itu, adanya human error juga menambah resiko yang ada. Jika masih ada pilihan franchise yang menggunakan bantuan teknologi dan lebih sedikit menggunakan tenaga manusia, maka hal itu akan jauh lebih baik untuk dipilih.

  1. Hindari franchisor yang bermasalah, lebih-lebih yang terjerat kasus hukum.

    Tidak sedikit bisnis franchise yang terhambat di tengah jalan akibat ada masalah atau kasus tertentu yang melibatkan franchisor. Biasanya calon franchisee yang tidak menyelidiki franchisor secara mendalam akan lebih susah mengantisipasi jika terjadi masalah seperti ini. Ada beberapa kasus franchise yang pernah terjadi, misalnya ada masalah sengketa bisnis terkait klaim franchise dari franchisor yang hampir sama atau ada juga franchisor yang melanggar aturan hukum Indonesia sehingga merek dagangnya di blacklist. Jika timbul masalah seperti contoh tersebut, maka otomatis bisnis para mitra juga akan mati.

    Franchisor tidak akan pernah menunjukkan pernah terjerat masalah dengan pihak lain atau yang merujuk pada kasus hukum. Untuk itu, sebagai calon franchisee atau investor perlu menyelidiki franchisor dengan berbagai cara agar bisa mendapatkan informasi yang akurat.

  1. Sharing terlebih dahulu dengan franchisee lain yang telah bergabung dengan bisnis franchise yang anda minati.

    Tips terakhir untuk memilih bisnis franchise di Indonesia adalah sharing dengan mitra yang terdahulu. Inilah senjata terakhir yang bisa dilakukan sebelum benar-benar memilih bergabung. Dengan berdiskusi dengan mitra bisnis yang telah bergabung terlebih dahulu, anda akan bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan lebih akurat lagi sehingga bisa untuk bahan pertimbangan yang kuat.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk memilih bisnis franchise di Indonesia. Harapannya bisnis yang anda usahakan bisa berjalan

Recommended for you

Share